Menjadi seorang Pemimpinan yang Transformatif dalam Gereja


Kepemimpinan yang Transformatif

       I.            Pendahuluan
Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas dalam buku Kevin G Ford yaitu tentang kepemimpinan tranformatif dalam gereja. Dalam hal ini kita dapat mengetahui bagaimana seorang pemimpin dapat memberikan atau memposisikan diri mereka sebagai pemimpin yang bersedia menampung asprasi jemaat dan juga berfokus pada hubungan antar bentuk antara pemimpin.Kepemimpinan yang mampu menciptakan perubahan yang mendasar dan dilandasi oleh nilai-nilai agama. Untuk lebih jelasnya kita akan mengetahui bagaimana kepemimpinan yang transformative dalam sajian ini.
    II.            Pembahasan
2.1.Uraian bab 6
Dalam Buku Kevin G Ford khususnya dalam bab 6 kita akan melihat otokrasi/kepemimpinan bersama. dibagian 1yaitu  kepemimpinan (kata benda). Dalam bab ini  salah satu tokoh yang bernama Ken Shigematsu yang dipanggil untuk menjadi gembala di Tenth Avenue Church di jantung kota Vancouver. British Columbia. Bagi dia panggilan menjadi pendeta di Tenth Avenua Church pada awalnya lebih mirip rengekan. Dia pergi mengunjungi gereja itu dan dia merasakan  tidak cocok di tempat ini karena usianya masih muda, terlalu etnik, dan umunya terlau tidak cocok untuk memimpin Tenth Avenua. Karena pada saat itu sudah ada pendeta senior.Tetapi kemudian ada hal-hal menjadi aneh. Ken yang telah merasakan Tuhan menuntutnya dari California kembali ke Kanada, sekarang tinggal di kota White Rock, British Columbia, yang terletak di dekat perbatasan A.S. Pada Hari kelima “Pendeta Senior” mengundurkan diri Tenth Avenue dan Ken diminta menjadi Kandidat. Tetapi semakin dia belajar tentang gereja itu semakin dia tidak menyukai gagasan itu. Gereja Tenth Avenua sedang menurun dengan Cepat , “ Dimasa kejayaanya” kata Ken, “ Gereja ini memiliki lebih dari seribu orang yang menghadiri dan pelayanan sekolah minggu yang penuh semangat. Gereja-gereja Kanada tidak besar seperti banyak gereja Amerika. Pada tahun 1950-an dan 1960-an Tenth Avenue dianggap sebagai gereja utama untuk denominasi Kristen dan Missionaris Aliansi di Kanada Barat. Tetapi selama tiga dekade berikutnya, gereja mengalami penurunan yang signifikan dari lebih dari seribu menjadi dibawah dua ratus pada titik terendah, itu juga berputar melalui  dua puluh pendeta dan pendeta pendamping dalam dua puluh tahun.
Statistiknya cukup Buruk, tetapi pembunuh yang sebenarnya tampaknya merupakan ketidakcocokan dasar antara Ken dan gereja.Tenth Avenue sebagian besar terdiri dari kausiasia yang tidak pernah tinggal diluar Amerika Utara; Ken adalah seorang Kanada Jepang yang pernah tinggal di seluruh dunia.Tenth Avenue sebagian besar melayani kelas ke atas; Ken diinginkan untuk memimpin sebuah gereja yang bergerak dalam keadilan sosial. Sehingga Tenth Avenue terjebak dalam gairah untuk kembali ke masa kejayaanya, Ken suka hidup dengan satu kaki di masa depan. Tenth Avenue, di berbagai titik selama kemunduran, telah bermain-main dengan menjual fasilitas gereja  dalam kota dan pindah ke pinggiran kota. Ken sangat bersemangat tentang pelayanan dalam konteks perkotaan, Tenth Avenue, fokus ke dalam, Ken selalu menuju cakrawala berikutnya.
Kepemimpinan sebagai kata benda
Dalam pertemuan para pendeta yang membahas dana penelitian, yang berorientasi pada kekayaan Kristen. 500 tertarik untuk mempelajari berbagai model Transformasi gereja, kebanyakan pendeta dalam pertemuan itu sebagaian besar tidak dikenal diluar jemaat mereka sendiri, tetapi ada seorang peserta yang terlambat datang adalah seorang pendeta dan penulis yang dikenal secara Internasional. Kelompok mulai membahas sifat kepemimpinan tentang bagaimana melibatkan orang-orang dalam masalah-masalah sulit dan menangani konflik, nilai, dan tempat visi, dan bagaimana menangani kekecewaan percakapan yang hidup ini, pendeta yang terkenal itu berjalan ke ruangan itu dan meluncurkan monolog berdurasi dua puluh menit, Pendeta terkenal ini  menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam pertemuan itu dan mengatakan “ masalahnya adalah kalian semua yang membicarakan pertanyaan itu”, padahal kamu seharusnya berbicara tentang jawabanya, “ di mendapat perhatian kita”, masalahnya adalah bahwa para pemimpin Kristen tidak pandai menghasillkan solusi, seorang pemimpin adalah seorang yang memiliki jawaban untuk rakyat. Mereka membutuhkan seseorang yang bisa mereka ikuti.
Pendeta terkenal ini mewakili perspektif yang menentukan dari banyak strategi kepemimpinan kontemporer sebagai kata benda.Dalam persepktif ini, fokusnya adalah pada pribadi pemimpin tidak mau mati.Menyamakan kepemimpinan dengan kekuatan. Fungsi seorang pemimpin adalah untuk memperoleh dan menggunakan kekuasaan dengan cara apa pun yang diperlukan- meningkatkan posisi, menggunakan paksaan, bermain bola keras politik, atau mengungguli semua orang. Ketika menjalankan kekuasaan adalah nilai sentral dari kepemimpinan. Orang-orang menyerahkan tanggung jawab kepada pemimpin, yang kemudian menjadi penanggung jawab segalanya ketika kepemimpinan ditentukan oleh kekuasaan, orang-orang tidak dimobilisasi untuk bertindak, lebih sering mereka lesu, takut, atau tidak terlibat dalam budaya berorientasi dan  mengeluh tentang para pemimpin kebutuhan tidak terpenuhi. Pemimpin yang maha kuasa dan maha tahu adalah untuk menghasilkan jawaban.
Ketika kepemimpinan diidentifikasi dengan pemimpin, kesuksesan dinilai berdasarkan statistik. Tetapi ujian sejati kepemimpinan ada dalam warisan, atau dampak positif yang ditingalkan pada kenyataanya, tindakan mendifenisikan kepemimpinan sebagai kata benda pemimpin dengan sejumlah pengikut bertentangan dengan kepemimpinan sejati, yang semuanya tentang memobilisasi orang lain untuk mengambil inisiatif, untuk memenuhi panggilan mereka dan untuk membuat perbedaan demi kerajaan. Kepemimpinan, kekuasaan, dan wewenang ketika kepemimpinan didefinisikan sebagai kata benda, ada dua pilihan tersedia untuk seorang pemimpin:
a.       Menggunakan kekuatan untuk memaksa
b.      Mencari otoritas yang menyenangkan
Setelah mendengarkan professor Harvard Marty Linsky di meja bundar TAG Kevin mengembangkan Grafik untuk mengambarkan apa yang dia diajarkan,seperti yang ditunjukkan Grafik,Kekuasan, otoritas, dan kepemimpinan bukanlah hal yang sama. Kekuatan diambil.Otoritas diberikan.Kepemimpinan dilakukan.Seorang pemimpin yang beroperasi di Zona kekuasaan bergantung pada hukuman dan nurani.Kekuasan kasar menurut definisi.Ini adalah seruan untuk memposisikan kepentingan pribadi dengan mengorbankan kebaikan yang lebih besar. Di zona kekuasaan, seorang pemimpin menegakkan kehendaknya atas rakyat dengan menuntut agar mereka “menerima” visinya, seorang pemimpin yang beroperasi di zona otoritas meberikan apa yang diinginkan dan diinginkan oleh orang-orang memberi wewenang kepada pemimpin untuk melakukan hal-hal yang inginkan agar dilakukan oleh pemimpin. Seorang pemimpin yang memanfaatkan kekuasan tidak sah, seorang pemimpin yang hanya mengandalkan otoritas tidak akan pernah memimpin perubahan, paling-paling ia akan menjadi manajer yang kompeten yang mahir dalam strategi teknis. Tetapi manajer yang teknis cakap tidak memimpin gereja yang mentransformasi.Mentransformasi kepemimpian berjalan jauh lebih dalam dan membutuhkan pengikut. Mereka harus mau terlibat dalam dalam masalah nyata, dan mereka harus mau bergulat dengan nilai-nilai yang bersaing yang muncul ketika menghadapi masalah.
Faktanya kepemimpinan sejati tidak ditentukan oleh otoritas atau kekuasaan.Para pemimpin gereja yang mentransformasi menjadi terampil dalam meningkatkan nilai-nilai bersaing dengan kata lain, mengakui mereka dan membawa ke perhatian jemaat. Pertentangan nilai menyangkut ketidaknyamanan, tetapi para pemimpin yang mentranformasi hal ini, mengetahui bahwa hal ini mengarah pada perubahan. Ron Heifetz “ kepemimpinan tidak akan terdiri dari jawaban atau visi yang pasti,tetapi dari tindakan ntuk mengklarifikasi nilai-nilai, ini adalah gagasan budaya yang berlaku tentang kepemimpinan yang terbalik, kepemimpinan yang berubah bukanlah pelaksanaan otoritas atau kekuasan, sebaliknya ini menimbulkan pertanyaan yang tepat. Dan memastikan bahwa nilai-nilai yang bersaing muncul ke permukaan dan ditanggani.Heifetz mengatakan dalam definisi lama tentang kepemimpinan, pemimpin memiliki jawaban-visi- dan yang lainya adalah pekerjaan penjualan untuk membujuk orang untuk mendaftar.Itu.Para pemimpin tentu saja memberikan arahan tetapi itu sering berarti mengajukan pertanyaan yang terstruktur dengan baik daripada menawarkan jawaban yang pasti.”
                        Sementara otoritas bergantung pada pemenuhan harapan, kepemimpinan menantang mereka.kepemimpinan sejati berarti melapaskan kekuatan demi memberdayakan orang lain, kepemimpinan adalah seni, dan itu lebih seperti berjalan diatas kawat tinggi daripada berjalan di jalan yan tertata dengan baik. Seorang pemimpin harus selalu menyeimbangkan otoritas, konflik,dan perubahan.
2.2.Uraian bab 7
Dalam bab ini ditekankan bahwa kepemimpinan itu bukan  kata benda akan tetapi kata kerja. Dikatakan sebagai kata kerja karena beberapa Alasan, pertama kata kerja mendefinisikan tindakan, atau tindakan lebih dari apapun, mendefinisikan kepemimpinan.Kata kerja juga menghubungkan objek dengan objeknya, dan kepemimpinan melibatkan orang-orang dalam isu-isu kritis yang membutuhkan perubahan adaptif.Kepemimpinan sebagai kata kerja menghubungkan orang-orang dan masalah-masalah dalam konteks Aktif melangkah dengan iman dan terus maju tidak seperti kata benda, kata kerja jarang statis.Pekerjaannya tidak pernah berakhir. Dengan cara yang sama, memimpin perubahan adaptif adalah pencarian berkelanjutan tanpa jaminan untuk sampai ke garis finis. Kepemimpinan sebagai kata kerja bukan tentang siapa yang membuat keputusan. Dalam mentransformasi gereja, kepemimpinan adalah tentang pemimpin yang memobilisasi orang lain untuk pelayananan. Akhirnya dan mungkin yang paling penting, kata kerja menuntut energi dan kepemimpinan adaptif membutuhkan energi tanpa akhir.Seorang pemimpin harus memiliki rasa tanggung jawab bersama dan juga menghormati mereka yang telah memainkan peran penting dalam mengamankan kemenangan. Kata kerja yang paling menentukan kegiatan seorang pemimpin dalam gereja  yang berubah adalah
1.      Membangun hubungan baik
2.      Membedakan antara perubahan teknis dan adaptif
3.      Melibatkan masalah
4.      Mengelolah zona merah
5.      Memobilisasi orang lain untuk pelayanan
6.      Mengorganisasikan kecepatan dan tekanan konflik.
Dalam hal ini Kevin melihat ketika Ken Shigetmatsu tiba di gereja Tenth Avenue, dia membuat pernyataan visi, menentukan nilai inti, dan membuat logo yang baru,dan pada saat yang sama, Ken membuat kebutuhan untuk bergerak di luar tugas untuk mengembangkan hubungan bersama dengan para anggota inti gereja.  Kevin melihat banyak pernyataan “visi”itu tidak benar-benar membawa perubahan. Di gereja demi gereja Kevin melihat para pemimpin gagal karena hasrat mereka untuk perubahan jauh melebihi kepercayaan yang mereka dapatkan.Membangun kepercayaan membutuhkan waktu.Gereja sering merekrut pendeta untuk memimpin perubahan dan kemudian menantang setiap langkah. Tetapi ketika hal berubah ke mode krisis, orang biasanya akan percaya lebih cepat. Ken sangat beruntung. Dia disewa untuk menjadi katalisator perubahan dan dewan direksi sebenarnya siap untuk perubahan. Namun, mereka tidak tahu perubahan apa yang dibutuhkan. Agar Ken efektif, ia harus memahami harapan sebenarnya dari jemaat dan pada umunya memahami harapan itu. Dengan melakukan hal itu, ia mulai memnuhi kontrak otoritas, yang mendapat kepercayaan dari orang-orang yang dipimpinnya. Ken tiba di Tenth Avenue dengan hasrat untuk keadilan sosial dan keinginan yang kuat untuk melihat gereja menjangkau orang-orang yang kurang beruntung secara ekonomi Vancouver. Sementara banyak anggota gereja tidak setuju dengan gagasan ini. Sehingga hal ini Ken mulai belajar betapa berbeda otoritas yang digunakan ketika melakukan perubahan teknis sebagai lawan dari perubahan adaptif, seperti yang ditujukan bagan berikut:
Fungsi kepemimpinan
Perbaikan teknis : memenuhi harapan
Perubahan adaptif
Meningkatkan nilai bersaing
Arah
Orang yang berwenang memberikan definisi masalah atau solusi
Pemimpin mengidentifikasi tantang adaptif, memberikan diagnosis kondisi, dan menghasilkan pertanyaan tentang definisi dan solusi masalah.
Perlindungan
Orang yang berwenang melindungi orang dari ancaman eksternal
Pemimpin mengungkapkan ancaman eksternal
Klarifikasi peran
Orang yang berwenang membantu orang memahami peran dan posisi yang khas
Pemimpin mengacaukan peran saat ini atau menolak tekanan untuk mengorientasikan orang dalam peran baru terlalu cepat.
Mengendalikan konflik
Orang yang berwenang menembalikan ketertiban
Peimpin memperlihatkan konflik atau membiarkannya muncul
Pemeliharan Norma
Orang yang berwenang mempertahankan norma dan kebiasan
Pemimpin menantang norma atau membiarkanya ditantang.
Kepemimpinan lebih merupakan seni daripada sain.Seseorang di posisi yang berwenang harus memenuhi harapan (kolom tengah) pada tingkat dasar agar memiliki kredibilitas yang cukup untuk menantang harapan yang lebih singnifikan (kolom kanan). Dalam menghadapi perubahan adaptif seorang pemimpin yang efektif akan:
a.       Menciptakan tempat yang nyaman dimana masalah dapat dihadapi
b.      Menjaga agar setiap orang putus dalam nilai persaingan
c.       Menginventigasi masalah sebagi perkumpulan lebih dari level indvidu
d.      Membingkai kembali masalah yang belum terselasaikan menjadi masalah yang dapat terselasaikan
e.       Menciptakan konflik disekitar nilai persaingan ketika konflik tidak ada
f.       Meginjinkan konflik yang panas menjadi dingin
g.      Peduli kepada orang sebagai mana mereka setuju dengan kerugian yang tak terhindarkan yang datang dengan perubahan
Pemimpin efektif harus menggunakan sesuatu yang simple sebagai alat untuk menyelasaikan perubahan ketika penekanan regulasi. Dengan menggunakan metode 3-D yang dikenalkan dalam 3 fase yaitu dialog, diskusi, dan keputusan,
a.       Fase dialog
Di fase dialog, orang-orang muda mengatakan opini masing-masing tanpa kilas balik atau pemotogan dari orang lain, masing-masing pertemuan membagikan sebuah opini. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan banyak informasi yang mungkin, menangkap data. Tugas pimpinan adalah menggunakan posisi pengarang untuk melaksanakan peraturan-peraturann: tidak ada pemotongan, tidak ada Respon/kilas balik tidak ada reaksi, kemudian berhenti.
b.      Fase diskusi
Fase diskusi terjadi di sepertengahan pertemuan, beberapa hari atau bulan setelah fase dialog, tergantung bagaimana topik itu, tidak ada keputusan di buat fase ini, tapi tidak seperti fase dialog partisipan bebas untuk setuju dengan yang lain, tujuannya adalah untuk mengidentifikasi nilai persangiang, klarifikasi isu, dan mempersiapkan scenario atau pilihan-pilihan nilai persaingan sehat. Ketika pimpinan butuh untuk memilih satu dari nilai persaingan di beberapa situasi unik.Dua nilai mengingatkan tensi dinamis di dalam kehidupan gereja.
c.       Fase keputusan
Fase keputusan terjadi setelah fase diskusi. Di point diskusi konflik akan darurat, tapi itu tidak kekurangan signifikan karena di situ mulai memperoses isu melalui dialog dan diskusi. Jika fase ini terlalu pribadi setiap partisipan membagikan tanggung jawab atau membantu membuat percakapan lebih efekif di beberapa point.Penting untuk dicatat bahwa kita tidak berbicara tentang struktur keputusan. Ini kembali ke gagasan ketergantungan pada “posisi” tentu saja pemimpin yang paling efektif akan menemukan bahwa keputusan mereka biasanya di dukung oleh pemerintah jika mereka telah memihak dan menghargai orang-orang yang terlibat.[1]
 III.            Kesimpulan
Dari pembahas di atas kami dapat menyimpulkan bahwa menurut buku Kevin G Ford kami menemukan ada dua kepemimpinan dalam gereja yang pertama kepemimpinan yang bersifat kata benda dan yang kedua kepemimpinan yang bersifat kata kerja.Kepemimpinan ini keduanya sangat berbeda, dimana kepemimpinan yang bersifat kata benda itu sering kali menjalankan otoritas secara kekuasaan dan memaksa untuk menjalankan visi tanpa mempedulikan kepentingan komunitas gereja.Seorang pemimpin yang memanfaatkan kekuasaan yang hanya mengandalkan otoritasnya sehingga ini tidak dapat menghadapi masalah yang nyata.Sedangkan inilah yang mejadi perhatian Kevin G Ford ketika kepemimpinan bersifat kata benda. Untuk itu, Kevin G Ford menawarkan kepemimpinan yang bersifat kata kerja, dimana kepemimpinan yang menyatakan aksi, tindakandan tanggung jawab sehinggga dengan hal ini pemimpin akan dikatakan seorang pemimpin yang efektif dalam gereja yang mampu mentransformasi dalam meningkatkan nilai-nilai yang membawa perubahan.
 IV.            Daftar Pustaka
FordKevin G ,Transforming Church,U.S.A : David C. Cook Distribution Canada,2008,



[1] Kevin G Ford, Transformasi Church,(U.S.A : David C. Cook Distribution Canada,2008),127-161