SGU: Pernyataan/Pengakuan Iman Aliran Kharismatik
Pernyataan/Pengakuan Iman Aliran
Kharismatik [1]
i.
Kami percaya
bahwa ada satu allah yang hidup dan benar, yang berada secara kekal dalam tiga
pribadi: bapa, anak, dan roh kudus, setara dalam kuasa dan kemuliaan; allah
yang tri tunggal ini menciptakan semuanya, memelihara semuanya, dan memerintah
semuanya.
ii.
Kami percaya
bahwa alkitab perjanjian lama dan baru adalah firman tuhan, sepenuhnya
diilhamkan, tanpa kesalahan pada naskah aslinya, dan merupakan aturan yang
mutlak atas iman dan kelakuan.
iii.
Kami percaya
kepada allah bapa, yang tak terbatas, roh yang berpribadi, sempurna di dalam
kesucian, kebijaksanaan, kuasa dan kasih, bahwa ia dengan rahmat-nya prihatin
atas permasalahan manusia, bahwa ia mendengar dan menjawab doa; dan bahwa ia
menyelamatkan dari dosa dan maut semua yang datang pada-nya melalui yesus
kristus.
iv.
Kami percaya
kepada yesus kristus, putera tunggal allah, yang dilahirkan setalah dikandung
dari roh kudus. Kami percaya akan kelahiran-nya dari anak dara, kehidupan-nya
yang tanpa dosa, mujizat-mujizat dan pengajaran-nya, kematian-nya yang
menggantikan dan menebus manusia, kebangkitan tubuh-nya, kenaikan-nya ke sorga,
pengantaraan-nya yang kekal bagi umat-nya, dan kedatangan-nya kembali secara
pribadi dan kelihatan ke bumi. Kami percaya, pada kedatangan-nya yang pertama
yesus telah memulai kepenuhan kerajaan allah.
v.
Kami percaya
kepada roh kudus, yang memancar keluar dari sang bapa dan sang putera untuk
meyakinkan dunia tentang dosa, kebenaran dan penghakiman, dan untuk melahir-barukan,
menyucikan dan memberi kuasa untuk pelayanan kepada semua yang percaya kepada
kristus. Kami percaya bahwa roh kudus mendiami setiap orang yang percaya kepada
kristus, dan ia adalah penolong, pengajar, dan penuntun yang tinggal tetap.
Kami percaya akan pelayanan roh kudus pada masa kini dan pemberlakuan semua
karunia roh yang disebut di dalam alkitab.
vi.
Kami percaya
bahwa semua umat manusia adalah pedosa berdasarkan kodrat dan pilihannya dan
karena itu berada di bawah penghukuman; bahwa allah melahir-barukan dan
membaptiskan, oleh roh kudus, barangsiapa yang bertobat dari dosa-dosanya dan
mengaku yesus kristus sebagai tuhan.
vii.
Kami percaya
adanya gereja yang universal, tubuh rohani yang hidup, yang kepalanya adalah
kristus dan anggotanya adalah semua pribadi yang sudah lahir baru.
viii.
Kami percaya
bahwa tuhan yesus kristus meningkatkan dua
ketetapan (ordinances) kepada gereja: baptisan dan perjamuan kudus. Kami
percaya akan baptisan air dan perjamuan yang terbuka bagi semua orang percaya.
ix.
Kami percaya
juga akan penumpangan tangan guna pemberian kuasa oleh roh kudus, bagi penahbisan pendeta,
tua-tua dan diaken, bagi penerimaan karunia-karunia roh, dan bagi penyembuhan.
x.
Kami percaya
pada kemunculan [=kedatangan kembali] kristus secara pribadi dan kelihatan, dan
penggenapan kerajaan-nya, pada kebangkitan tubuh, penghakiman akhir dan berkat
kekal atas yang benar, serta penderitaan kekal atas yang jahat.
xi.
Kami percaya
pada “pengakuan iman rasuli” sebagai yang merangkum fakta fundamental dari iman
kristiani, dan mendukung pengakuan-pengakuan iman gereja yang historis dan
ortodoks.
[1]
Jan S. Aritonang, Berbagai Aliran di dalam dan di sekitar Gereja,
(Jakarta: BPK-GM, 2016), 268-269.